• UGM
  • IT Center
  • Bahasa Indonesia
    • English
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Sarjana Terapan
Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Profil
    • Tentang Prodi
    • Visi dan Misi
    • Akreditasi
    • Tenaga Pendidik
    • Struktur Kepengurusan
    • Fasilitas
    • Mitra dan Kerjasama Prodi
  • AKADEMIK
    • Panduan Akademik
      • Panduan Pengisian KRS
      • Tata Tertib Ujian
      • Pengajuan Ujian Susulan
    • Kalender Akademik
    • Kurikulum
    • MBKM
    • Proyek Akhir
    • Penelitian
    • Download
  • KEMAHASISWAAN
    • Kegiatan Mahasiswa
      • ASSETS
      • Palpod
    • Prestasi Mahasiswa
    • Berita Magang Mahasiswa
    • Peluang untuk Mahasiswa
      • Webinar
      • Beasiswa
      • Lomba
    • Kuliah Kerja Nyata (KKN)
  • PENDAFTARAN
  • Beranda
  • Semua
  • Penelitian
  • Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Analisis Ulasan Aplikasi Pembelajaran Mobile untuk Anak-anak

Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Analisis Ulasan Aplikasi Pembelajaran Mobile untuk Anak-anak

  • Penelitian
  • 7 Oktober 2024, 17.33
  • Oleh: Rizky Aisyah
  • 0

Dalam upaya mencapai Sustainable Development Goals (SDG) khususnya Quality Education, pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran menjadi semakin penting. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa dosen dan mahasiswa dari program studi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak di Departemen Teknik Elektro dan Informatika SV UGM melalui menganalisis pengalaman pengguna aplikasi pembelajaran mobile untuk anak-anak, untuk memberikan wawasan berharga tentang bagaimana meningkatkan efektivitas alat pendidikan digital ini. Penelitian ini menggunakan analisis sentimen dan pemodelan topik terhadap ulasan pengguna aplikasi pembelajaran mobile untuk mengidentifikasi masalah pengalaman pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun aplikasi-aplikasi tersebut memiliki potensi besar dalam mendukung pendidikan anak usia dini, terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi. Masalah yang teridentifikasi meliputi keterbatasan variasi konten, multimedia, serta kesulitan dalam navigasi dan interaksi layar sentuh.

Penelitian ini menyoroti pentingnya desain aplikasi yang berpusat pada pengguna dan mempertimbangkan kebutuhan khusus anak-anak dalam pembelajaran. Dengan mengatasi masalah-masalah yang diidentifikasi, pengembang aplikasi dapat menciptakan alat pembelajaran digital yang lebih efektif, mendukung perkembangan literasi dan keterampilan dasar anak-anak sejak dini. Penerapan rekomendasi dari penelitian ini dapat berkontribusi terhadap pencapaian Quality Education dengan meningkatkan kualitas dan aksesibilitas sumber daya pembelajaran digital. Hal ini sejalan dengan target SDG untuk memastikan pendidikan inklusif dan berkualitas bagi semua

Leave A Comment Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Postingan Terbaru

  • Pendaftaran Hackathon elevAIte Indonesia 2025
  • Dua Mahasiswa TRPL Raih Kesempatan Internship di TikTok
  • OLIVIA X 2025: Olimpiade Vokasi Indonesia Kembali Digelar
  • TRPL Berbagi: Membangun Kepedulian Mahasiswa TRPL
  • Pengalaman Mahasiswa TRPL dalam IISMA di Coventry University
Universitas Gadjah Mada

Jl. Yacaranda, Sekip Unit III, Yogyakarta. 55281

Email: trpl.sv@ugm.ac.id

Telp: 0274-541020

© UGM 2025

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju