Dalam upaya mencapai Sustainable Development Goals (SDG) khususnya Quality Education, pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran menjadi semakin penting. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa dosen dan mahasiswa dari program studi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak di Departemen Teknik Elektro dan Informatika SV UGM melalui menganalisis pengalaman pengguna aplikasi pembelajaran mobile untuk anak-anak, untuk memberikan wawasan berharga tentang bagaimana meningkatkan efektivitas alat pendidikan digital ini. Penelitian ini menggunakan analisis sentimen dan pemodelan topik terhadap ulasan pengguna aplikasi pembelajaran mobile untuk mengidentifikasi masalah pengalaman pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun aplikasi-aplikasi tersebut memiliki potensi besar dalam mendukung pendidikan anak usia dini, terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi. Masalah yang teridentifikasi meliputi keterbatasan variasi konten, multimedia, serta kesulitan dalam navigasi dan interaksi layar sentuh.
Penelitian ini menyoroti pentingnya desain aplikasi yang berpusat pada pengguna dan mempertimbangkan kebutuhan khusus anak-anak dalam pembelajaran. Dengan mengatasi masalah-masalah yang diidentifikasi, pengembang aplikasi dapat menciptakan alat pembelajaran digital yang lebih efektif, mendukung perkembangan literasi dan keterampilan dasar anak-anak sejak dini. Penerapan rekomendasi dari penelitian ini dapat berkontribusi terhadap pencapaian Quality Education dengan meningkatkan kualitas dan aksesibilitas sumber daya pembelajaran digital. Hal ini sejalan dengan target SDG untuk memastikan pendidikan inklusif dan berkualitas bagi semua