17 November 2024 – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada program studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak meraih juara 1 pada perlombaan 4C National Competition kategori UX challenge. Prestasi ini diraih oleh tim BismillahMenang yang beranggotakan Shyra Athaya (TRPL 2022), Arelia Maia Ashary (TRPL 22), Ken Bima Satria Gandasasmita (Ilmu Komputer 2023), dan Nareswari Ayu Prabowo (Ilmu Komputer 2024).
4C National Competition adalah kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) dalam rangkaian peringatan kegiatan Dies Natalis ke-13. Pada tahun ini, 4C National Competition mengusung tema Teknologi Informasi untuk Peningkatan Pelayanan Publik dan Literasi Digital Menuju Indonesia Emas 2045.
Pada kompetisi ini, tim BismillahMenang mengangkat solusi inovatif berupa aplikasi mobile bernama Scale Up. Aplikasi ini merupakan platform digital berbasis AI yang bertujuan membantu pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui berbagai fitur seperti pelatihan, edukasi, dan konsultasi usaha.
Mereka memilih isu ini berdasarkan fakta bahwa UMKM di Indonesia masih menghadapi tantangan dalam hal inovasi bisnis, literasi digital, dan edukasi pengembangan usaha. Padahal, UMKM menyumbang sekitar 60,6% PDB Indonesia, menjadikannya sektor penting bagi perekonomian nasional. Tim juga menyoroti keberadaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang tersebar di 87 lokasi di Indonesia. Sayangnya, layanan PLUT masih kurang dikenal dan belum efisien karena bersifat offline dan memerlukan kunjungan fisik. Hal ini menghambat fleksibilitas dan efisiensi waktu bagi pelaku UMKM.
Aplikasi Scale Up menawarkan solusi dengan mengintegrasikan layanan PLUT secara online. Fokus utama aplikasi ini adalah mendukung pengembangan bisnis UMKM melalui fitur-fitur yang mudah diakses dan berbasis teknologi. Dengan pendekatan ini, layanan PLUT diharapkan dapat menjangkau lebih banyak pengguna dan meningkatkan efektivitas pendampingan usaha.
Melalui kompetisi ini, diharapkan mahasiswa dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan dalam menguji pendapat atau ide, serta mempertimbangkan berbagai gagasan dan inovasi yang diajukan. Kompetisi ini juga mendorong mahasiswa untuk memunculkan ide-ide kreatif dan pemikiran baru dalam menyelesaikan permasalahan dunia nyata. Selain itu, mahasiswa dilatih untuk menarik kesimpulan dengan mempertimbangkan data dan fakta yang ada di lapangan.